WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Sabtu, 06 Agustus 2016

Listrik Masuk, Ndona Timur Merdeka Dari Kegelapan

Kampung Kurulimbu, Kecamatan Ndona Timur

Penantian panjang masyarakat Kecamatan Ndona Timur, Kabupaten Ende akhirnya terjawab sudah. Kamis,(28/7) lalu seluruh wilayah itu dialiri listrik oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Syukur dan terima kasih. Kami sudah merdeka dari kegelapan sebab selama ini kami hidup dalam kegelapan. Dan ini hadiah bagi kami saat merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-71," kata Camat Ndona Timur Marianus Dawa yang dijumpai di Kantor Bupati Ende,Senin (1/8).

Ia atas nama masyarakat menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten, DPRD setempat Ende dan terlebih khusus kepada PT PLN Area Flores Bagian Barat yang sudah menjawabi kerinduan masyarakat Ndona Timur.

Ia mengatakan, masih ada satu desa yakni Desa Kurulimbu selatan dan satu dusun yakni Dusun Toba, Desa Roga belum "menyala", namun dalam waktu tidak lama lagi akan menyusul.

"Kendala di Desa Kurulimbu Selatan dan di Dusun Toba saat dilakukan survei sedang hujan sehingga kegiatannya. Tetapi pihak PLN berjanji, desa dan dusun yang belum terlayani akan menyusul karena jaringan kini sudah terpasang," katanya.

Ia menjelaskan, prioritas pemasangan listrik yakni warga yang selama ini sudah memasang lampu sechen dan setelah itu baru masyarakat lainnya. Semuanya akan menggunakan meteran prabayar.

"Fokus utama yang sudah pakai sechen untuk dimigrasikan ke prabayar, selanjutnya bagi warga yang pasang baru," paparnya sambil mengatakan jaringan listrik tersebut diambil dari Wolowaru.

Menurut dia, salah satu kendala kenapa jaringan baru dipasang dan listrik baru menyala di Kecamatan Ndona Timur karena ada permasalahan antara dua dusun sehingga warga tidak mengijinkan jaringan melalui dusun mereka.

"Saat itu ada sedikit masalah karena Warga Wolopau minta jaringan air namun belum bisa diberi Warga Roga. Kini semua persoalan sudah beres antara keduanya sehingga yang satu airnya sudah lancar sehingga beri lahannya untuk dilalui jaringan listrik,” jelasnya.

Ia menuturkan, sejumlah 1300 pelanggan kini sudah bisa menikmati listrik selama 24 jam. Meski demikian ia mengatakan prioritas utama bagi warga masyarakat lebih dahulu sementara kantor camat dan rumah dinas setelah semuanya terpasang.

Sementara itu salah seorang warga Ndona Timur Karolus Rame menyatakan terima kasih. Menurutnya, dengan adanya listrik masyarakat sudah tidak gelap lagi pada malam hari. Sementara selama ini hanya mengandalkan lampu pelita.

"Kita sudah bisa beraktivitas pada malam hari. Apalagi sudah nyala 24 jam. Kita sudah merdeka dan mungkin ini kado di HUT kemerdekaan," kata Karolus Rame yang juga Kasi Trantib di Kecamatan Ndona Timur ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar