WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Minggu, 18 Januari 2015

Ende Siap Jadi Ibu Kota Provinsi Flores

Kota Ende Flores

Ende, Bupati Ende, Marselinus Y.W Petu mengatakan ibu kota kabupaten itu telah siap menjadi pusat pendidikan dan pemerintahan jika hasil kajian tim independen menentukan sebagai ibu kota Provinsi Flores.

Penegasan tersebut disampaikan Bupati Marsel sebelum menggelar pertemuan dengan Panitia Persiapan Pembentukan Provinsi Flores (P4F) di Ende , Jumat (16/1) malam.

Menurutnya, Kabupaten Ende sejak awal bersedia untuk menjadi daerah cakupan Provinsi Flores.” Ende juga telah siap menjadi tempat Mubes selanjutnya jika memang itu akan dilakukan,” ujarnya

Dia berharap niat yang baik ini harus dibangun secara holistik dan berharap adanya dukungan dari daerah lain diluar Flores terhadap rencana tersebut.

Sebelumnya Ketua DPRD Ende, Heman Yoseph Wadhi dalam sapaan saat melakukan pertemuan dengan P4F mengatakan,semangat ini harus terus dilakukan tidak lagi hanya berhenti pada omong besar belaka.

“Kami akan berjumpa dengan masyarakat dan partai sebagai perwakilan kami. Kami juga akan lakukan komunikasi baik antar lembaga legislatif di Flores ini, juga provinsi dengan melakukan road show,” jelas Hery Wadhi.

Sementara Ketua P4F, Marianus Sae dalam pertemuan tersebut mengatakan, niat untuk membentuk Provinsi Flores bukan sesuatu yang baru.Kerinduan itu sudah ada sejak lama. Niat itu coba dilanjutkan, karena dipercayakan sebagai ketua persiapan berdasarkan Mubes sebelumnya di Bajawa.

Saat ini, kata dia, langkah yang dilakukan adalah road show atau safari ke semua kabupaten di Flores dan Lembata, untuk penyamaan persepsi terntang rencana besar tersebut.

“Langkah awal yang dihadirkan salah satunya dengan membangun kesepakatan di semua kabupaten di Flores dan Lembata. Berdasarkan kesepakatan tersebut akan dilakukan kajian khususnya terhadap calon ibu kota dan itu diharapkan 2015 ini sudah selesai dilakukan,” kata Marianus Sae yang juga Bupati Ngada ini.

Dia menambahkan, P4F juga mempercayakan Unpad untuk menjadi salah satu tim independen, yang mengkaji rencana tersebut termasuk mengkaji calon ibu kota Provinsi Flores.

Sumber Flobamora.net

6 komentar:

  1. Wah... apa sudah dipikirkan matang?? SDA, SDM dan lain2?

    BalasHapus
  2. ego kedaerahan yg mengalahkan segalanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggalkan keegoan daerah demi terwujudnya DOB Flores..

      Hapus
  3. Saya sepakat dengan P4F ini karena luas wilayah NTT begitu luasnya sehingga pembagian APBD kepada seluruh Kab/Kota tidak merata sehingga kesenjangan kerap kali terjadi. Dan PAD yang paling dominasi di NTT hanyalah dari flores, lembata dan alor sedangkan daerah yang lainnya hanya numpang PAD adja. Semangat buat P4F semoga terbentuk agar mencapai P4F yang maju sepert di daerah indonesia bagian barat. GB

    BalasHapus
  4. Tidak ada data yang akurat sodara mengatakan PAD yang paling dominasi di NTT adalah dari flores,sedangkan perputaran uang paling tinggi di NTT adalah di pulau timor.. Tujuan pemekaran prov Flores demi pendekatan pelayanan..

    BalasHapus
  5. Saya sangat setuju..kalau flores mejadi propinsi sendiri...karena apa..pembangunan itu pasti lebih cepat ditangani,lebih hemat,lebih cepat tanggap,karena tidak harus nyebrang,ataupun terbang yg lebih jauh ke kupang..org org flores,seperti says lebih merasakan pembangunan itu sendiri...

    BalasHapus