WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Kamis, 26 Maret 2015

Tanpa Kota Ende Indonesia tidak Utuh

 Kota Ende Flores

ENDE -- Tanpa Ende Indonesia tidak utuh karena di kota tersebut bapak bangsa, Ir. Soekarno menemukan nilai-nilai Pancasila yang pada akhirnya menjadi dasar negara Republik Indonesia. Ende telah memberikan kontribusi nyata bagi terbentuknya Bangsa Indonesia melalui Pancasila.

Wakil Bupati Ende, Drs. Djafar Achmad, mengatakan hal itu pada acara pelepasan peserta lawatan sejarah daerah di Kabupaten Ende yang melibatkan 50 siswa/i dari Bali, NTB dan NTT, Rabu (25/3/2015).

Dikatakannya, kehadiran peserta lawatan sejarah daerah memberikan semangat kepada generasi muda Ende untuk terus meningkatkan pemahaman mengenai nilai-nilai perjuangan bangsa maupun pembangunan karakter melalui keteladanan perjuangan Ir. Soekarno dalam menghadapi penjajahan Belanda.

Wabup Djafar mengatakan, Kabupaten Ende merupakan salah satu kabupaten di Pulau Flores, NTT yang kaya akan rekaman peristiwa masa lampau. Salah satu bukti sejarah masa lampau yang dimiliki Kabupaten Ende berupa deretan rekaman peristiwa perjalanan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, sejak penjajahan Belanda hingga lahirnya butir-butir pemikiran tentang Pancasila oleh Ir. Soekarno.

Dikatakannya, sebagai sebuah kota yang pernah menjadi tempat pengasingan Bung Karno, Ende memiliki sejumlah peninggalan yang merupakan warisan sejarah yang penting bagi Bangsa Indonesia seperti rumah tinggal Bung Karno saat diasingkan Belanda. Gedung Imakulata tempat pementasan Tonil. Pohon sukun tempat permenungan butir-butir Pancasila. Makam ibu Amsi (Ibu mertua Bung Karno, Red). Gereja Katedral, Percetakan Arnoldus, Masjid Arabita, Markas POM maupun Pelabuhan Ende.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar