WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Kamis, 08 Oktober 2015

Pelabuhan Ende di Pilih Menjadi Salah Satu Pelabuhan Subfeeder di Indonesia

Ende- Pelabuhan Ende di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) dipilih sebagai salah satu pelabuhan subfeeder dari sekian banyak pelabuhan di Indonesia. Sementara Pelabuhan Tenau Kupang menjadi pelabuhan feedernya.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi V DPR RI Farry Dj. Francis saat bertatap muka dengan Pemerintah Kabupaten Ende, Senin (5/10).

“Untuk tujuan ini, saya bersama beberapa anggota Komisi V yang tergabung dalam Panitia Kerja (Panja) Transportasi Laut dan kementrian terkait melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Ende,” kata Farry.
Menurutnya, Panja tersebut dibentuk Komisi V untuk menjawabi program pemerintah yang menggagas soal tol laut. Komisi V membentuk Panja guna memberikan masukan bagaimana sistem pengelolaan ke depan serta memberikan masukaan terkait ketersediaan sarana dan prasarana.

Dia mengatakan, Pemerintah RI dibawah Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla, sudah merencanakan mengembangkan 24 Pelabuhan feeder dan 170 subfeeder sebagai pusat perkembangan ekonomi.

"Untuk kita di Nusa Tenggara Timur, Pelabuhan Tenau Kupang dijadikan pelabuhan feeder sementara Pelabuhan Ende dijadikan pelabuhan subfeeder," ujarnya.

Kata dia, Panja transportasi laut yang kini berkunjung ke Kabupaten Ende mau memberikan perhatin khusus kepada daerah ini sebagai salah satu dari ratusan pelabuhan subfeeder.

Panja ini, sambungnya, akan bekerja untuk memberikan masukan, memberi pengawasan dan strategi mengenai out put, income dari pelabuhan sesuai dengan regulasi agar tol laut ini benar-benar sesuai dengan yang diharapkan.

"Panja ini sudah mengunjungi tiga subfeeder di daerah masing-masing di Kalimantan Selatan, Papua yakni di Sorong dan Ende,” tambahnya sembari berharap, pelabuhan yang kini tengah dibangun terus dimanfaatkan dengan baik.

Sebelumnya, Bupati Ende Marselinus Y.W Petu menuturkan, kerinduan agar Pelabuhan Ende bisa dijadikan pusat pelabuhan pantai selatan Pulau Flores sejalan dengan program tol laut yang dicanangkan Presiden Jokowi akhirnya terwujud.

'Kunjungan kerja Panja ini memiliki makna strategis utamanya konektivitas makna tol laut. Dua pelabuhan di Ende bukan saja punya peran strategis. Karena itu kondisi pelabuhan akan terus dibenahi sehingga mimpi Ende sebagai pusat pelabuhan Selatan Flores bisa terpenuhi," katanya.

Dia berharap dengan kedatangan Tim Panja tersebut bisa menjadi jalan masuk untuk mengakomodir harapan tersebut yang menjadikan Pelbahuan Ende sebagai pusat pelabuhan pantai selatan Flores karena sudah menjadi subfeeder pusat pertumbuhan ekonomi.

Sumber Flobamora net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar