WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Selasa, 20 Januari 2015

Deklarasi Provinsi Flores di Rencanakan Saat Kunjungan Jokowi ke Ende Pada Bulan Juni 2015

Ende, Bupati Ende Marselinus Y.W. Petu mengatakan, jika disepakati Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah se- daratan Flores dan Lembata , deklarasi pembentukan Provinsi Flores  akan dilaksanakan saat kunjungan Presiden RI, Joko Widodo ke Kabupaten Ende yang direncanakan pada bulan Juni 2015.

“Saya kira itu momentum tepat dan penting bagi kabupaten di daratan Flores dan Lembata,”  kata Bupati Marsel di Ende , Senin (19/1).

Dia mengatakan, kunjungan Presiden  Jokowi ke Ende bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi akan menghadiri peringatan Hari Lahirnya Pancasila dan juga mengikuti acara tahunan yakni Prosesi Kebangsaan yang mengangkat tema besar “Pancasila Rumah Kita, Dari Ende untuk Indonesia”.

Menurutnya, momentum inilah akan gunakan sebagai pintu masuk mendeklarasikan pembentukan Propinsi Flores. Karena sudah 80 persen dipastikan Presiden Joko Widodo akan ke Ende.

Lebih jauh dia menuturkan, jika sebelumnya Ende bisa menginspirasi Pancasila yang mempersatukan Nusantara dengan Bhineka Tunggal Ika, maka dari Ende juga bisa mempersatukan Flores dan Lembata dalam sebuah provinsi yaitu Provinsi Flores.

Dia mengatakan, komunikasi terus dilakukan berkaitan dengan kehadiran orang nomor satu di Indonesia ini di Kabupaten Ende, baik itu secara lisan maupun komunikasi tertulis.

“Memamg sejak jauh-jauh hari komunikasi dilakukan, karena kita mengerti agenda tahunan presiden sangat padat di dalam protokoler negara. Tetapi upaya yang dilakukan ini bukanlah serta merta namun disampaikan sendiri oleh presiden bahwa dia akan datang ke Kabupaten Ende. Penyampaian langsung presiden itu saat berkunjung ke Kupang, 20 Desember 2014 lalu," paparnya.

Orang nomor satu Partai Golkar Kabupaten Ende ini juga mengatakan, komunikasi dengan pihak istana terus dilakukan secara intensif, baik dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Ende sendiri maupun lewat perwakilan yang ada di Jakarta atau  para katalis yang menjadi penghubung antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat.

Sebelumnya hal yang sama juga dikemukakan Bupati Marsel saat menerima kunjungan Ketua Panitia Persiapan Pembentukan Propinsi Flores (P4F) , Marianus Sae beberapa waktu yang lalu.

Dia menyatakan momentum yang baik dan sebagai pintu masuk untuk mendeklarasikan rencana pembentukan Provinsi Flores, maka saat kunjungan Presiden Jokowi  ke Ende adalah saat paling tepat.

“Mudah-mudahan dengan dilakukan deklarasi pembentukan Provinsi Flores saat kedatangan Presiden Jokowi, bisa mempercepat proses pembentukan Provinsi Flores,” tambahnya.

Sumber Flobamora.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar