WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Rabu, 07 Januari 2015

Pembangunan Dermaga Multi Fungsi Ipii Ende di Lakukan Dalam Tiga Tahap

ENDE -- Pelaksanaan pembangunan Dermaga Ende yang baru di Pelabuhan Ende dilakukan dalam tiga tahap. Dana bersumber dari APBN selama tiga tahun anggaran, yakni tahun 2013, 2014 dan 2015.

Staf Kantor Kesahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ende, Ayub mengemukakan hal itu di Ende, Senin (5/1/2015).

Ayub mengatakan, pelaksanaan pembangunan Dermaga Ende yang baru di kompleks Pelabuhan Ippi Ende dimulai tahun 2013, dilanjutkan tahun 2014 dan akan berakhir tahun 2015.

"Untuk tahun 2013 pelaksanaan pembangunan dilakukan PT Guna Karya Nusantara dengan biaya dari APBN Rp 38.188.260.000 serta tahap kedua dengan biaya Rp 24,2 miliar. Sementara tahap ketiga sesuai dana yang ada dalam DIPA sebesar Rp 26 miliar," kata Ayub.

Dermaga itu, kata Ayub, bersifat multifungsi. Artinya, bisa digunakan untuk semua kebutuhan baik untuk membongkar maupun memuat barang, penumpang bahkan peti kemas atau kontainer.

"Selama ini kebanyakan dermaga di Ende yang dibangun hanya dikhususkan untuk satu kebutuhan tertentu saja, misalnya untuk dermaga kapal veri semata. Namun kalau untuk dermaga yang barusan dibangun bersifat multi fungsi," kata Ayub.

Ayub berharap dengan adanya dermaga yang baru dibangun bisa kembali mendongkrak kehidupan ekonomi masyarakat di Kabupaten Ende, terutama bagi mereka yang selama ini menggantungkan hidup mereka dari pelabuhan.

Tentang kondisi fisik dermaga, Ayub mengatakan, pihaknya menjamin pelaksanaan pembangunan dermaga tersebut akan memenuhi standar ataupun spesifikasi karena memang dikerjakan oleh rekanan yang profesional di bidangnya.

"Yang mengerjakan dermaga tersebut adalah rekanan yang profesional. Tentu mereka tidak main-main dengan kepercayaan yang telah diberikan," kata Ayub.

Manajer pembangunan dermaga, Jefri, saat ditemui Anggota DPRD Ende beberapa waktu lalu mengatakan, meskipun pekerjaan yang ada adalah jenis pekerjaan yang memiliki spesifikasi namun pihaknya tetap memberikan kesempatan bagi tenaga kerja lokal untuk ikut berpartipasi dalam proses pekerjaan dermaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar