WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Senin, 25 Agustus 2014

Cara Bermain Piano/Keyboard Bagi Pemula

Piano dan Keyboard merupakan alat musik berbeda namun teori dan teknik memainkannya sama. Tidak ada perbedaan yang berarti antara piano dan keyboard. Alat musik ini prinsipnya memainkan melodi dan iringan secara bersamaan, sehingga dapat menghasilkan musik yang utuh dari seorang pemain saja. Bermain piano atau keyboard memang tidak mudah. Banyak teknik-teknik dasar yang harus dipelajari agar menjadi mahir memainkan alat musik ini. Berikut 10 Cara Bermain Alat Musik Piano/Keyboard

1. Posisi jari dan tangan
Posisi tangan dan jari yang benar adalah tangan dan jari membentuk seperti sedang memegang telur. Tips ini adalah kunci untuk mencapai kecepatan maksimum, ini adalah teknik utama dalam memainkan lagu tempo cepat. Teknik teknik seperti ini biasanya diberikan guru les piano, tapi berdasarkan semua teknik teknik yang diberikan guru les saya, inilah yang menurut saya paling berpengaruh untuk meningkatkan kecepatan jemari.

2. Pengenalan kunci nada
Tahap yang penting mengenai pengenalan tentang kunci-kunci nada dari nada yang mayor sampai yang minor. Seperti contoh : kunci nada C, Dm, Em, F, G, Am, dst. Untuk melihat daftar chord piano, silakan buka link gambar ini (Chord Piano)

3. Jenis musik dan suara
Ini merupakan pengenalan tentang cara pengoperasikan Keyboard dan pengenalan jenis jenis musik dan suara yang ada di Keyboard tersebut, ini bisa dilihat dari buku katalog atau buku panduan dari Keyboard tersebut.

4. Cara peletakan jari untuk chord
Belajar cara meletakan jari tangan kiri dan kanan didalam membunyikan kunci kunci nada dari sebuah lagu yang akan dipelajari. Setiap kunci nada rata rata memerlukan tiga jari tangan untuk memijitnya, namun ada juga terkadang memerlukan lebih dari tiga jari itupun tergantung dari jenis nama kunci nada tersebut. Seperti misalnya kunci nada CM7 ( C mayor tujuh ) ini tidak bisa dipijit dengan tiga jari, tapi kunci ini memerlukan empat jari untuk membunyikannya.

5. Menghilangkan kekakuan jari
Menghilangkan kekakuan jari-jari tangan dengan cara latihan memindahkan dari satu kunci nada ( chord ) ke kunci nada yang lainnya secara rutin minimum dalam sehari yaitu 30 menit, sbg contoh : dari kunci nada C pindah ke nada Dm -> Em -> F -> G -> Am -> kembali ke nada C dsb

6. Mencari jenis musik lagu
Carilah lagu yang sudah hapal, kemudian putarlah di CD/kaset untukdidengarkan jenis musiknya, kalau sudah paham jenis musik yang didengar dari CD / kaset tadi barulah dicari jenis musiknya yang hampir sama atau mendekati, cara mencari kesamaannya lihat ketukan pada alat musik drumnya.

7. Mempelajari lagu
Setelah jenis musiknya didapat, lakukan setiap lagu diawali dengan kunci nada C untuk lagu yang jenisnya mayor, untuk yang jenis lagunya minor diawali dengan kunci nada Am. Hal ini untuk mempermudah mempelajari sebuah lagu.

8. Tempo permainan musik
Lebih baik bermain lambat tapi stabil dari pada bermain cepat tapi tak stabil. Ada beberapa orang yang ingin langsung bermain cepat dan tidak mengutamakan ke-stabilan, sebenarnya kecepatan jari kita dicapai melalui keseimbangan dan kestabilan, jika jari kita sudah stabil maka otomatis akan menjadi cepat.

9. Latihan rutin
Lebih baik berlatih rutin setiap hari daripada hanya seminggu sekali tetapi langsung berjam-jam. Jika sudah jenuh berlatih jangan dipaksakan, lakukanlah refreshing sejenak lalu berlatih lagi. Tips ini sangat ampuh untuk melatih Anda dalam bermain piano atau keyboard.

10. Berdoa
Hal yang paling utama ialah berdoa. Mintalah kepada Tuhan agar senantiasa diberikan kemudahan dalam belajar bermain alat musik ini dan tentunya harus disertai dengan usaha yang keras serta tak boleh bermalas-malasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar