WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Kamis, 03 Juli 2014

DISPERINDAG GELAR BAZAR RAMADHAN

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Ende menggelar Bazar Ramadhan Jelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2014 di Pantai Ria, Bazar dibuka oleh Bupati Ende Marselinus Y.W. Petu, Selasa (1/7).

Acara pembukaan dihadiri Wakil Bupati Ende H. Djafar Achmad, para kepala SKPD, ketua dan wakil ketua tim Penggerak PKK Kabupaten Ende, para camat se-wilayah Kota Ende, para lurah se-wilayah Kota Ende, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta para pelaku Bazar Ramadhan.

Kepala Disperindag Ende Yoseph Woge dalam laporannya mengatakan Bazar Ramadhan 1435 H dilaksanakan untuk memberikan pelayanan dalam bentuk makanan dan minuman siap saji bagi umat muslim yang melaksanakan ibadah Puasa Ramadhan 1435 H khususnya dalam Kota Ende.

Selain itu, katanya kegiatan ini bentuk kerja sama kemitraan antara Pemerintah Kabupaten Ende dan masyarakat melalui usaha mikro rumah tangga, usaha kecil menengah, dengan menyiapkan aneka makanan dan minuman pangan lokal dan non lokal siap saji bagi umat Islam untuk berbuka puasa.

“Kegiatan Bazar dilaksanakan untuk memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan Bazar Ramadhan 1435 H sebagai sarana untuk memasarkan produk hasil karyanya sebagai wujud kepedulian masyarakat terhadap pembangunan bangsa khususnya Kabupaten Ende, “katanya.

Woge menambahkan, Bazar Ramadhan ini diharapkan menambah dan menguatkan ekonomi keluarga bagi usaha mikro rumah tangga kecil dan menengah yang pada gilirannya akan meningkatkan ekonomi masyarakat di daerah Kabupaten Ende.

Bupati Ende Marselinus Y.W Petu dalam sambutannya membuka Bazar Ramadhan mengatakan, kegiatan Bazar ini seiring dengan kebijakan pembangunan ekonomi daerah dan erat kaitannya dengan program pembangunan dari desa dan kelurahan yang dicanangkan pemerintah daerah yang tertuang dalam program jangka pendek dan menengah Kabupaten Ende.

“Kegiatan ini merupakan momentum usaha kecil menengah dan pedagang kaki lima untuk berpacu dalam menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat di tingkat bawah dan sekaligus meningkatkan nilai tambah pendapatan bagi kelompok / pedagang. Oleh karena itu, digunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dalam melayani masyarakat pembeli dengan penuh ramah tamah dan keakraban, sebagai wujud kepedulian kita terhadap pembangunan di daerah ini,”katanya.

Bupati Marsel Petu mengharapkan pengelola Bazar Ramadhan tetap memperhatikan kontinuitas penjualan/penyajian makanan dan minuman selama sebulan.“Makanan dan minuman yang disajikan dalam keadaan bersih, bermutu, dan halal. Utamakan pangan lokal dalam aneka jenis olahan. Menjaga kebersihan lingkungan, ketertiban lalu lintas dan keamanan manusia dan barang serta penerangan yang cukup sesuai dengan kebutuhan,”katanya.

Ia juga meminta kerja sama yang baik antara pengelola Bazar dan pihak keamanan Polres Ende khususnya Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM), Kelurahan Kotaraja, Satpol PP, Dinas Perhubungan, serta pihak terkait lainnya. Perlu koordinasi dan kerja sama dengan camat Ende Utara sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan Bazar ini dengan pihak terkait agar kegiatan Bazar Ramadhan berjalan lancar dan sukses.

Seusai menyampaikan sambutan, bupati membuka Bazar Ramadhan 1435 H Tingkat Kabupaten Ende Tahun 2014. Kemudian bupati memantau setiap stan yang menyajikan makanan dan minuman lokal yang telah diolah. Bupati juga membeli beberapa jenis makanan dan minuman yang tersedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar