WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Rabu, 17 September 2014

Pabrik Batu Granit di Ende Mubazir

ENDE -Pabrik batu granit milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ende yang letaknya di Kecamatan Ndona, saat ini mubazir. Pabrik tersebut beroperasi hanya pada saat ujicoba di masa awal kepemimpinan Bupati Ende, Drs. Don Bosco Wangge.

Salah seorang warga Ende, Oscar Wolo menginformasikan hal itu kepada Pos Kupang di Ende, Selasa (16/9/2014). Menurut Oscar,  mesin itu tak beroperasi lagi sehingga menjadi bahan pertanyaan masyarakat.  "Kami tidak tahu alasan apa mesin itu tak beroperasi lagi," katanya.

Oscar mengharapkan agar pemerintah segera mengoperasikan kembali pabrik batu granit ini karena potensi sumber daya alam di kabupaten itu menjanjikan. "Kami berharap di bawah kepemimpinan Bupati Ende Bapak Marsel Petu pabrik ini dapat dimanfaatkan kembali," katanya. Menurut Oscar, Kabupaten Ende memiliki potensi batu granit yang tersebar di Kecamatan Nangapanda dan Wolowaru.

Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Ende, Nyo Cosmas yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (16/9/2014),  mengakui bahwa saat ini pabrik telah berhenti beroperasi. "Saya akan pelajari apa masalahnya hingga pabrik batu granit ini tak beroperasi lagi. Staf melaporkan kendalanya pada listrik,"kata Cosmas yang baru saja menjadi Kadis Perindag Kabupaten Ende menggantikan, Yosep Woge.

Pantauan Pos Kupang di lokasi pabrik, terlihat beberapa alat pabrik berupa mesin pemotong batu berbagai ukuran tergeletak saja di tanah. Begitu pula  bahan baku berupa batu.

Dalam catatan Pos Kupang, pabrik tersebut sempat dioperasikan pada ujicoba di awal kepemimpinan Bupati Ende, Drs. Don Bosco Wangge. Tak lama kemudian mesin rusak dan tak bisa beroperasi lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar