WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Tuesday, December 23, 2014

Jalan ke Pelabuhan Ippi Diusulkan Jadi Jalan Nasional

ENDE -- Jalur jalan menuju ke Pelabuhan Ippi dari Kota Ende diusulkan menjadi jalan nasional oleh Satker Pembangunan Jalan Nasional Wilayah IV NTT. Usul perubahan status mengingat jalan itu merupakan akses utama ke pelabuhan.

PPK Ende-Wolowaru, Saut Siahaan mengatakan hal itu kepada Pos Kupang di Ende, Jumat (19/12/2014). Saut menjelaskan usul perubahan status jalan itu sebenarnya sudah dilakukan tiga tahun sebelumnya namun belum dijawab pemerintah pusat. Oleh karena itu, tahun  ini pihaknya kembali mengusulkan hal yang sama. "Diharapkan kali ini  terjawab sehingga kondisi jalan itu akan semakin baik," kata Saut.

 Saut menyatakan, sampai saat ini  jalan menuju ke Pelabuhan Ippi masih menjadi tangungjawab Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ende dengan sentuhan dana dari APBD. "Ada beberapa alasan status jalan kabupaten maupun provinsi bisa menjadi jalan nasional apabila jalan yang ada merupakan akses  menuju ke pelabuhan maupun pariwisata serta akses utama ekonomi," ujarnya.

Selain mengusulkan  jalan menuju ke Pelabuhan Ippi menjadi jalan nasional, kata Saut Siahaan,  pihaknya juga mengusulkan jalur jalan menuju ke kawasan Danau Kelimutu serta jalan di pantai utara (Pantura) Ende menjadi jalan nasional.

"Kalau jalan menuju ke kawasan Danau Kelimutu merupakan askes wisata sedangkan  jalan di pantai utara merupakan kawasan utama ekonomi,"kata Saut.

"Apa yang kami lakukan saat ini baru sebatas usulan setelah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Ende diharapkan apa yang diusulkan tersebut dapat diterima oleh pemerintah pusat," tambahnya.

Secara terpisah,  Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Ende, Frans Lewang mengakui  pihaknya memang telah berkoordinasi dengan Satker Pekerjaan Jalan Nasional Wilayah IV NTT guna mengusulkan perubahan status jalan menuju kawasan Ippi menjadi jalan nasional.

Pantauan Pos Kupang, saat ini kondisi jalan menuju ke kawasan Ippi sangat memrihatinkan banyak terdapat lubang dengan berbagai ukuran bahkan apabila hujan di beberapa titik jalan berubah jadi danau kecil karena genangan air.

No comments:

Post a Comment