WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Monday, April 27, 2015

KAKANWIL Pantau Pembangunan Gedung SMAK St.Thomas Morus Ende

Ende (Inmas) – Dalam rangkaian safari monitoring UN di Kabupaten Ende tepatnya di SMAK St.Thomas Morus dan MAN Ende, Kepala Kanwil Kemenag Propinsi NTT, Drs. Sarman Marselinus di dampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Ende, Yosef Nganggo, S.Ag menyempatkan diri memantu pembangunan gedung lantai 3 SMAK St.Thomas Morus Ende yang terletak di jalan Flores, (Rabu,15/04/2015).

“Sungguh Ende menjadi inspirasi dan motivasi di era baru perkembangan kemajuan pendidikan bidang keagamaan di wilayah NTT ini, setidaknya semangat dan kekompakan kerja tim/panitia penyelenggara pendirian Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK) St.Thomas Morus Ende ini, patut di apresiasi dan perlu ditiru oleh teman-teman di Kabupaten lain,” ungkap orang nomor satu di lingkup Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTT.

Ungkapan KaKanwil tersebut, didasari penjelasan Kepala Kantor Kementerian Agama Ende, Yosef Nganggo, S.Ag selaku ketua tim penginisiatif tentang master plan menyeluruh atas desain bangunan di atas lahan seluas ± 4.800 meter persegi yang dapat mengakomodir seluruh kebutuhan proses pendidikan di sekolah tersebut .

“Ini model pendidikan seminari awam yang diharapkan dapat menjawabi kebutuhan dan tantangan Gereja masa depan; ya ini semacam madrasahnya orang Katolik,“ ungkap guru Jose, sapaan akrab KaKan Kemenag Ende ini menimpali apresiasi KaKanWil.

Dik. Gedung SMAK St. Thomas Morus Direncanakan Akan Dibangun 3 lantai seperti dari Gambar Lay Out diatas. Antara lain dapat dideskripsikan sebagai berikut: Bagian Depan sudah pasti menjadi tempat parkir dengan jalan masuk bagian kanan dan jalan keluar bagian kiri.

Gedung Sekretariat dan Ruang Guru didesain di Lantai I sedangkan Lantai dua direncanakan akan digunakan untuk Ruangan Perpustakaan, Ruangan Laboratorium IPA, Bahasa, Komputer dan lain-lain.

Sedangkan Ruang Kelas Tiga Lantai diposisikan dibagian Utara menghadap ke Laut Sawu dimana Satu Lantai terdiri dari 6 ruang kelas sehingga total ruang kelas direncanakan 18 ruang Kelas.

Ruangan Aula diletakan di sisi Selatan menghadap ke utara didesain lantai 2. Kapela diletakkan di bagian belakang sisi Timur dari lokasi tanah. Tanah kosong bagian tengah lokasi digunakan untuk lapangan Voley dan Basket.__________________

Penulis : Niko Nama Payon,S.Ag.

Editor  : Joe Frigerio Wassa, S.Sos.

No comments:

Post a Comment