WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Senin, 13 April 2015

SEBAGAI TEMPAT LAHIR PANCASILA, ENDE JADI PUSAT PERINGATAN HARKITNAS

Kota Ende

Pelaksanaan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dalam konteks ekspedisi NKRI akan dipusatkan di Kabupaten Ende. Pemilihan Kabupaten Ende dari beberapa alternatif kabupaten seperti Labuan Bajo, Bajawa dan Kupang bukan tanpa alasan. Pemilihan ini mengingat Kabupaten Ende memiliki nilai historis yang luar biasa terutama sebagai tempat lahirnya Pancasila yang menjadi dasar negara Republik Indonesia. Dan ini sejalan dengan upaya pemerintah yang lagi gencar-gencarnya mengkampanyekan tentang revolusi mental.

Deputy Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Wilem Rampangngiley mengatakan ini pada acara tatap muka dan jamuan makan malam bersama jajaran Pemkab Ende di aula Rumah Jabatan Bupati jln Eltari Rabu (8/4/15) malam.

Menurut Rampangngiley, selain sebagai tempat lahirnya Pancasila, alasan lain yang ikut memperkuat dipilihnya Ende sebagai pusat peringatan Harkitnas adalah faktor kerukunan hidup umat beragama. Kerukunan hidup umat beragama di wilayah ini kata Rampangngiley, sangat menonjol dan menjadi contoh bagi daerah-daerah lain di Indonesia. Karena di daerah lain banyak terjadi konlik karena isyu SARA.

“Jadi dalam rapat dan diskusi kami mengenai tempat peringatan Harkitnas dan atas pertimbangan Menko PMK, maka kami memilih Ende untuk menjadi pusat peringatan Harkitnas dalam konteks ekspedisi NKRI, pertimbangan dasar kami mengingat Ende sebagai tempat lahir Pancasila juga karena kerukunan hidup umat beragama di wilayah ini sangat bagus dan menonjol”ujarnya.

Ia menuturkan, pada peringatan Harkitnas yang akan dilaksanakan tanggal 20 Mei mendatang Menteri Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani, akan bertindak sebagai Inspektur Upacara. Kegiatan peringatan Harkitnas ini katanya lagi akan dikoordinir Dandim 1602 Ende beserta jajarannya.

Pada kesempatan tatap muka tersebut Deputy Menko PMK juga menginformasikan kepada Bupati bahwa pada peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni mendatang pihaknya telah berkoordinasi dengan Komandan Pasukan Pengawal Presiden untuk memastikan kehadiran Presiden Joko Widodo. Dan sesuai informasi yang diterima menurut rencana Presiden Joko Widodo akan hadir pada kegiatan tersebut.

Bupati Ende, Marselinus Y. W. Petu dihadapan Deputy dan rombongan menyatakan kesiapan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Ende mensukseskan dua agenda besar yaitu Peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Lahir Pancasila. Bupati juga menyampaikan harapannya dan masyarakat Kabupaten Ende agar Presiden Joko Widodo dapat hadir pada Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni mendatang.

Sumber: portal.endekab.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar