WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Kamis, 16 April 2015

Pasar Senggol Ende Akan Dibangun Tingkat

ENDE -- Pasar Potulando atau dikenal Pasar Senggol di Kelurahan Potulando, Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende, akan dibangun baru di lokasi yang sama dengan dana Rp 5 miliar.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Ende, Kosmas Nyo, mengatakan hal itu di Ende, Sabtu (11/4/2015). Kosmas mengatakan, pasar yang terbakar tahun 2013 itu akan dibangun kembali.
"Setelah kebakaran saat itu pemerintah membangun kembali pasar tapi masih bersifat darurat. Kini bangunan darurat akan dibongkar lagi karena di atasnya akan dibangun kembali pasar permanen dengan pagu dana Rp 5 miliar," kata Kosmas.

Sesuai rencana, jelas Kosmas, bangunan pasar permanen akan dibuat bertingkat karena di lantai dasar akan digunakan sebagai lapangan parkir. Sementara lantai atas digunakan sebagai lokasi pasar.
"Kalau ditanya pasti saya dapat pastikan bahwa rencana pembangunan Pasar Senggol akan dilakukan dalam tahun 2015 melalui APBD Perubahan," kata Kosmas.

Kosmas mengatakan, pembangunan kembali Pasar Senggol oleh pemerintah karena pemerintah menilai pasar itu sangat strategis bagi perkembangan ekonomi masyarakat di Kota Ende.

Sebelum membangun Pasar Senggol, kata Kosmas, pemerintah terlebih duhulu memindahkan para pedagang yang menempati pasar ke tempat lain. Diharapkan pengertian dari para pedagang agar mau direlokasi sementara.

Beberapa pedagang dan pengunjung Pasar Senggol yang dimintai komentarnya terkait rencana pemerintah membangun kembali Pasar Senggol mengatakan bersyukur. "Syukurlah kalau memang dibangun kembali," kata Achmad saat ditemui di Pasar Senggol, Minggu (12/4/2015).

Achmad mengatakan, keberadaan Pasar Senggol cukup strategis sehingga wajar kalau pemerintah membangun kembali pasar yang ada dengan bangunan permanen.

Dia berharap agar setelah dibangun pasar yang ada bisa dikelola serta ditata dengan baik sehingga tidak terlihat kumuh. Juga diharapkan di lokasi pasar tidak saja bangunan pasar yang ditata tapi pemerintah juga membangun fasilitas pendukung lainnya seperti WC dan tempat sampah.

Sumber: Pos Kupang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar