WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Senin, 23 Februari 2015

Ende Miliki Dermaga Multifungsi di Kawasan Ippi

ENDE -- Kabupaten Ende kini memiliki dermaga multifungsi yang dibangun di komplek Pelabuhan Ippi, Kecamatan Ende Selatan. Dermaga ini bisa disandari kapal barang, kapal penumpang maupun kapal kargo.

Staf pada Kantor Kesahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ende, Ayub mengatakan hal itu di Ende, Sabtu (21/2/2015). Ia dikonfirmasi mengenai keberadaan dermaga yang baru dibangun di kawasan Pelabuhan Ippi, Kecamatan Ende Selatan.

Ayub menjelaskan, saat ini di kawasan Pelabuhan Ippi selain ada dermaga lama juga sedang dibangun dermaga baru yang letaknya bersebelahan dengan Dermaga Ippi. Dermaga baru tersebut telah dibangun dari tahun 2013 serta berlanjut hingga tahun 2015.

Dermaga baru itu, jelas Ayub, selain multifungsi juga bisa disandari kapal setiap waktu tanpa mengenal musim barat maupun tenggara karena konstruksi bangunan dan letaknya telah dirancang untuk bisa disandari setiap kapal maupun setiap musim.

"Dermaga yang baru dibangun berbentuk huruf I sehingga bisa disandari kapal setiap saat. Hal ini berbeda dengan dermaga lama yang berbentuk T sehingga hanya bisa disandari kapal pada musim barat saja, sementara ketika memasuki musim tenggara tidak bisa disandari maka ketika ada kapal yang datang terpaksa dialihkan ke Pelabuhan Ende," kata Ayub.

Dermaga baru, jelas Ayub, jauh lebih panjang dibandingkan dermaga lama, yakni 291 meter sedangkan dermaga lama 200 meter. Dengan berbagai kelebihan yang ada, Ayub mengharapkan agar keberadaan dermaga baru bisa memberikan nilai tambah bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Ende.

"Saat ini dermaga baru belum beroperasi karena masih dalam proses pengerjaan. Apabila sudah rampung akan memberikan nilai tambah yang cukup besar bagi masyarakat Kabupaten Ende," kata Ayub.

Sumber Pos Kupang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar