WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Sabtu, 28 Februari 2015

Pemkab Nagekeo Gunakan Pesawat Tanpa Awak Petakan Potensi Ekonomi

MBAY -- Pemerintah Kabupaten Nagekeo beberapa waktu terakhir gencar menjual potensi daerah untuk menarik investasi dari luar.

Salah satu faktor agar upaya itu bisa tercapai, melalui dukungan data potensi ekonomi. Demi mendapatkan data potensi yang akurat, Pemerintah Kabupaten Nagekeo melalui Kantor Penanaman Modal Daerah (PMD) bekerja sama dengan PT Synco Global menggandeng Tera Airo Indonesia melakukan survey dan pemetaan potensi ekonomi di daerah menggunakan pesawat tanpa awak atau drone.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Agus Fernandes melalui Kepala Bidang Tata Ruang, Efraim CH. Muga menjelaskan, Tera Airo Indonesia yang merupakan kumpulan para lulusan ITB itu sudah mulai bekerja sepekan terakhir.

Efraim mengatakan, PT Synco Global merupakan salah satu investor yang tertarik untuk berinvestasi di Nagekeo. Namun sebelum berinvestasi, perusahaan itu ingin mendapat data awal dan gambaran secara menyeluruh tentang potensi ekonomi yang ada di Nagekeo.

Untuk mendapat gambaran itu, kata Efraim, PT Synco Global menggandeng Tera Airo Indonesia untuk melakukan pemetaan dari udara.

Efraim mengungkapkan, dengan menggunakan pesawat tanpa awak, Pemkab Nagekeo dan Synco Global bisa mendapat data yang lebih detail dari data yang selama ini didapatkan melalui Citra Satelit.

"Pesawat ini mampu terbang dengan ketinggian hingga 500 meter dan mampu mengambil gambar dari ketinggian 200 meter dengan lama terbang 45 menit dan kemampuan mendokumentasikan obyek 300 ha per sekali terbang," jelas Efraim.

Efraim menambahkan, selain pemetaan potensi, Pemkab Nagekeo juga meminta Tera Airo Indonesia juga melakukan foto udara Kabupaten Nagekeo untuk kepentingan pembuatan tata ruang.

Saat ini, lanjut Efraim, Tera Airo Indonesia sedang merampungkan kegiatannya untuk selanjutnya dipresentasikan kepada Bupati Nagekeo pekan depan.*

Sumber Pos Kupang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar