WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Jumat, 20 Februari 2015

Film Ine Pare Ende Jadi Muatan Lokal di NTT

Teater Plus Kota Kupang mengadakan pemutaran Film Ine Pare yang mengangkat cerita rakyat dari Ende di gedung bioskop SMAN 3 Kupang, Sabtu (14/2/2015).

Melalui pemutaran film ini, seluruh masyarakat NTT diajak untuk mengenal dan melestarikan cerita budaya lokal agar tetap lestari. Film ini pun akan dijadikan muatan lokal pada seluruh sekolah di NTT.

"Kita di NTT ini memiliki begitu banyak cerita rakyat yang menarik dan mengandung nilai-nilai moral. Karena itu, cerita rakyat kita tidak boleh sampai hilang. Sebagai usaha memperkenalkan dan melestarikan cerita rakyat kita, kami memfilmkan cerita rakyat dari tanah Ende Lio untuk lebih dikenal bukan hanya oleh masyarakat NTT, tetapi juga secara nasional," kata sutradara film ini, Piter Kembo.

Ia mengatakan, film ini menceritakan bahwa ribuan tahun lalu, setelah dilanda tsunami hebat, masyarakat Ende Lio dilanda rawan pangan.

"Di saat masyarakat Ende Lio kesulitan memperoleh kebutuhan pangan, tiba-tiba suatu keajaiban terjadi. Darah Ine Pare menumbuhkan bibit tanaman baru yaitu padi yang sebelumnya belum pernah ada. Keberadaan padi ini sangat membantu masyarakat Ende Lio dalam memenuhi kebutuhan pangannya," ungkap Piter.

Asisten I Setda NTT, Sisilia Sona, dalam sambutannya, menyambut baik peluncuran film ini.
"Film ini nantinya akan di putar di seluruh sekolah di NTT dan akan menjadi muatan lokal. Saya sangat mendukung Teater Plus yang telah memproduksi film dengan mengangkat cerita rangka dari NTT. Hal ini sangat penting dalam usaha memperkenalkan dan melestraikan budaya kita kepada generasi muda," kata Sisilia Sona

Tidak ada komentar:

Posting Komentar