WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Jumat, 13 Februari 2015

RUMAH TUNGGU NGAISIA ENDE JADI ICON DI NTT

Rumah Tunggu Ngaisia Ende merupakan satu-satunya icon untuk NTT bahkan nasional karena rumah tunggu yang berada di kabupaten seperti ini belum ada, untuk menerima rujukan dari setiap wilayah Puskesmas dan rumah sakit lainnya.

Hal ini dikatakan Koordinator tim pengelola rumah tunggu Ngaisia, Ende, Martha D Wangge pada saat pemberian bantuan dari BRI kepada rumah tunggu Ngaisia, Ende, Selasa (10/2/2015) di Kompleks RSUD Ende.

Dikatakan semenjak launching rumah tunggu Ngaisia pengunjung yang datang ke rumah tunggu mencapai 56 orang. Kedatangan mereka dengan maksud dan tujuan bervariatif ada yang ingin tau keadaan, ada yang datang mengambil inspirasi dari rumah tunggu Ngaisia Ende serta sebagai tempat belajar bagi beberapa pengunjung lainnya.       
                                                                                                                                               
Menurut Marta bahwa pengunjung yang datang selain dari Ende, Propinsi NTT dan sekitarnya dari Jakarta dan ada juga pengunjung yang datang dari luar negeri  (Australia) . Terkait dengan kunjungan di rumah tunggu Ngaisia, Marta menjelaskan bahwa orang yang datang berkunjung masing-masing memberikan motivasi dengan usul dan saran yang kontruksitif bagi perkembangan rumah tunggu antara lain sangat membantu bagi pasien yang jauh, perasaan nyaman, keadaan bersih dan rapi, pelayan yang ramah terhadap ibu dan anak, merasa familiar, tetap mempertahankan prestasi yang ada.

“Bangga dengan rumah tunggu ibu dan anak dengan kondisi nyaman, aman ,ruangan yang bersih dan rapi, juga ada beberapa usul dan saran yakni, ada yang mengusulkan tempat penggambilan air wuduh sebaiknya di tempat yang lebih tertutup sehingga lebih etis, excellent (terus melakukan inovasi dimulai dengan potensi yang ada),appresiasi ibu-ibu relawan yang luar biasa.”kata Marta
Ia menambahkan bahwa semua para voulunter (relawan-red) yang peduli terhadap masalah ibu dan anak serta mendukung rumah tangga Ngasia, diangkat dengan Keputusan Bupati Ende nomor 322/KEP/HK/2014 tentang pembentukan tim pengelolah rumah tunggu persalinan Ngaisia Kabupaten Ende 2014-2016.

Diharapkan dukungan dari pihak camat dan lurah  4 kecamatan untuk sustainable (berkelanjutan) aktifitas RTK Ngsia demi peningkatan derajat kesehatan masyarakat ibu dan anak di Kabupaten Ende.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar