WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Senin, 23 Februari 2015

USULAN PROGRAM DALAM MUSRENBANGCAM HARUS BERKUALITAS

Setiap usulan berbagai perencanaan program yang diajukan dalam forum Musrenbangcam maupun forum sebelumnya musrenbangdus/des, harus benar-benar memperhatikan aspek kualitasnya. Sebab dengan usulan program yang berkualitas dapat mempersempit  atau mengurangi nilai kuantitas program prioritas. Dengan demikian program yang diusulkan itu akan mendekati ketersediaan dan kemampuan keuangan daerah/APBD yang masih terbatas jumlahnya.

”Saya perlu mengingatkan peserta musrenbangcam ini agar dalam mengusulkan program juga mempertimbangkan aspek ketersediaan dan kemampuan APBD-II. Agar apa yang diusulkan dapat terakomodir. Ini diutamakan pada program atau kegiatan yang menyentuh langsung kebutuhan riil masyarakat yang ada” Pinta Yoseph A. Dosi Woda, Kabid Akuntansi selaku pejabat yang mewakili Kepala Dinas PPAKD Kab.Ende pada acara Musrenbangcam Kotabaru, Rabu siang, 18/02/15 di aula Kantor Desa Tou Timur.

Selain itu, demikian Yopy, setiap usulan program yang ada harus bisa dipertanggungjawabkan bukan saja dari aspek perencanaan tetapi juga dari sisi keuangannya. Karenanya, ia mengharapkan agar setiap usulan program yang diajukan bisa ditetapkan menjadi program prioritas yang dapat didanai dari APBD-II.

Sebagai gambaran Dia menjelaskan bahwa kondisi APBD-II Ende tahun 2015 saat ini senilai 861 milyard lebih. Dana ini terpakai untuk belanja pegawai sebesar 500 milyard lebih, sedangkan sisanya 300 milyard lebih untuk kebutuhan masyarakat/belanja public. Dengan melihat realita ini, lanjut Yopy, sudah bisa diestimasi berapa banyak usulan rencana yang dapat didanai oleh APBD-II.

“Tentu kita sudah bisa membayangkan dengan sisa dana tersebut, sudah jelas tidak dapat membiayai semua usulan program yang diajukan.Karena itu saya sekali lagi harapkan agar semua usulan program benar-benar berkualitas” paparnya menjelaskan.

Hal yang sama juga dipertegas oleh Adrianus Yosafat Muda, yang mewakili Kepala Bappeda Kab.Ende seraya menambahkan bahwa nilai seuatu program terletak pada kualitas program berkenan sejak perencanaan sampai pada tingkat penganggaran dapat dipertanggungjawabkan secara teknis, ekonomis dan biaya, sudah pasti terdanai.

Sementara salah seorang warga masyarakat yang menjadi peserta forum Musrenbancam Kotabaru, Ambrosius Laka mengharapkan agar forum musrenbangcam ini hendaknya benar-benar mematangkan semua perencanaan ditingkat kecamatan untuk kemudian dinaikan ke Kabupaten. “Saya berharap agar semua usulan program sudah matang disini. Jadi apa yang diminta oleh pihak Bappeda dan DPPKAD tentang usulan program yng berkualitas harus menjadi rujukan para pihak yang berkepentingan di Kecamatan yng menangani ini” Ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar