WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Jumat, 13 Februari 2015

ENDE TUAN RUMAH PELAKSANAAN SIGNIS NASIONAL INDONESIA

Keuskupan Agung Ende menjadi tuan rumah rapat dan kegiatan  Asosiasi Para Komunikator Katolik sedunia  yang bergerak dalam bidang radio, televisi, multimedia dan media sosial (signis) nasional Indonesia yang ke-41.

Rangkaian kegiatan yang akan diikuti oleh 33 anggota aktif signis se-Indonsia berpusat di Kota Ende dan akan berlangsung dari  Senin (9/2/2015 hingga Jumat (13/2/2015). Panitia telah melakukan persiapan dengan baik dan kegiatan ini mengangkat tema dari isu aktual saat ini yakni “Media Pastoral Bagi Para Kaum Migran Perantau”.

Ketua Komisi Sosial (Komsos) Keuskupan Agung Ende, Rm. Yetra B.A Kotten Pr mengatakan bahwa signis yang merupakan asosiasi para komunikator katolik sedunia berasal dari kata bahasa latin “Signum”yang artinya tanda. Dengan demikian maka signis berarti dari tanda, dalam tanda dan oleh tanda. Asosiasi ini dinamakan  demikian karena para komunikator katolik yang bergerak dalam bidang tersebut merupakan para pencinta tanda keselamatan bagi manusia.

Romo Yetra Kotten Pr mengatakan  bahwa asosiasi para komunikator katolik (signis) Indonesia berdiri dengan sebuah kesepakatan dan anggaran dasar sesuai dengan semangat dan norma-norma dari dokumen gereja tentang komunikasi sosial. Dijelaskanya bahwa signis indonesia bersifat kekeluargan, plural, profesional, mandiri, nirlaba dan bertujuan mendukung mengembangkan kehidupan bersama yang otentik tanpa diskriminasi ras, gender, agama, status sosial dan afiliasi politik.  

Dalam prees relas dikatakan sejak hadir  di Indonesia, Signis Indonesia hingga saat ini memiliki 33 anggota yang terdiri atas 23 komisi sosial (komsos), enam radio, tiga sanggar training center dan satu anggota perorangan. Signis Indonesia terbagi atas lima regio yaitu regio Sumatera, regio Jawa, regio Nusa Tenggara, regio Kalimantan dan regio Sulawesi- Maluku.    Badan pengurus Signis Indonesia periode 2012-2015, Ketua Romo Frans de Sales, SCJ, Wakil Ketua Ivo Yerun Moruk, sekretaris Bernadeta Widiandayani, Bendahara, Romo Noegroho Agoeng dan anggota Rm Baltazar Manehat.

“Dengan wadah ini para anggotanya saling belajar dan mengembangkan karya pewartaan iman melalui media. Dengan selalu memperhatikan tanda-tanda jaman dan mencermati informasi kebudayaan, para anggota signis indonesia selalu didorong untuk terlibat dalam berbagai tentang karya pewartaan yang telah akan dibuat. Dengan demikian melalui rapat dan kegiatan ini para anggota dapat saling belajar dan memperkaya pewartaan iman”,katanya.

Sesuai dengan jadwal kegiatan menyatakan bahwa rangkaian kegiatan ini  diawali dengan penjemputan peserta dengan tarian penjemputan menuju tempat kegiatan aula Mgr Abdon Longginus, Mautapaga, Senin (9/2’2015 ). Setelah penjemputan dilanjutkan dengan misa pembukaan di Gereja Paroki Mautapaga dan resepsi bersama. Selasa (10/2/2015) diawali dengan misa regio Jawa, perkenalan anggota, Akreditas dan pembacan AD/ART review point keputusan RA tahun 2014, laporan badan pengurus, produksi bersama tahun 2014 dan rencana produksi bersama tahun 2015, rencana karya Komsos Indonesia 2015-2016 oleh Ketua Komsos KWI, rapat regio dan pleno rapat dari masing dan kegiatan lainya.Pada Rabu (11/2/2015) diadakan seminar bersama yang dibuka oleh Bupati Ende, Ir Marselinus Y.W Petu. Seminar terebut akan dipandu oleh Romo Yetra Kotten Pr dengan narasumber Romo Edu Raja Para, Pr dan Romo Edi Manori, Pr. Pada Kamis (12/2/2015 ) peserta akan mengunjungi Danau Tri Warna Kelimutu, Ziarah ke pusat ziarah gereja tua peninggalan Portugis dan wisata rohani Nilo keuskupan Maumere.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar