WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Minggu, 20 April 2014

Yosef Nganggo Beberkan Alasan Mengapa SMAK St. Thomas Morus Ende Di Negerikan



















Ende (Inmas) – Ketua Panitia Pelaksana Harian YASUKEL Ende pada SMAK St. Thomas Morus Ende, Yosef Nganggo, S.Ag pada awal pertemuan yang membahas tentang penegerian SMAK St. Thomas Morus Ende

Dihadapan para Pimpinan Agama Katolik, para Imam Katolik, Para Tokoh Agama, Para Awam Katolik serta Pemerhati Pendidikan Katolik Keuskupan Agung Ende di Aula Amal Bhakti Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende, beberapa waktu lalu, menyampaikan beberapa alasan mengapa SMAK St. Thomas Morus diusulkan untuk dinegerikan.

Ada beberapa hal yang menjadi alasan dalam pandangannya, pertama; Dalam NKRI dan juga hak warga negara untuk mendapatkan pendidikan. Kedua; Siswa pada SMAK St. Thomas Morus Ende pada umumnya berasal dari masyarakat kelas bawah/miskin yang tinggal di pedesaan. Tentu saja mereka kurang mampu membiayai pendidikan mereka. Dengan demikian jika SMAK St. Thomas Morus ini dinegerikan, maka dipastikan kelangsungan pendidikan mereka terbantu/terjamin karena anggaran penyelenggaraannya disediakan oleh pemerintah/APBN. Ketiga; demikian pula SDM (Guru dan Pegawai) SMAK St. Thomus Morus Ende akan dapat ditata dengan baik, gaji terstandar, peningkatan kualifikasi akademik akan terjamin, pengurusan kenaikan jenjang kepangkatan terlaksana secara teratur. Dengan kondisi demikian, maka dapat diharapkan peningkatan kualitas lembaga pendidikan menyangkut 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan.
Keempat, penambahan satuan kerja dalam bentuk SMAK Negeri, akan membuka peluang kerja bagi orang Katolik sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Kelima, sudah dapat dipastikan bahwa SMAK Negeri akan memberikan kontribusi besar dalam mengkokohkan iman masyarakat Katolik. Karya pastoral Gereja Katolik akan didukung oleh lembaga pendidikan ini dan SDM yang ada didalamnya akan tenang menjalankan tugasnya untuk menuju masa depan Gereja dan masyarakat Katolik yang lebih baik. Pejabat Gereja masih dapat membina, mengarahkan, mensupervisi SMAK meski sudah dinegerikan, karena menyangkut materi kurikulum, isi iman dan moral adalah kewenangan dari Gereja Katolik.

Alasan terkahir yang dikemukakan, penegrian SMAK St. Thomas Morus Ende ini sejalan dengan visi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende, mewujudkan masyarakat Ende Beriman, Cerdas, Rukun dan Sejahtera (BERNAS) dengan salah satu misinya adalah Meningkatkan kualitas pendidikan agama dan keagamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar