WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Minggu, 23 November 2014

Kain Tenun Ende Lio Terus Mendunia

  Fashion Show kain tenun Ende Lio

Keramaian di Museum Tekstil, jalan KS.Tubun nomor 2-4 Jakarta tadi malam tidak seperti biasanya.

Saat redaksi nttkita.com dan para Tamu tiba di Pintu masuk, alunan musik tarian khas Ende Lio Nggo lamba menjadi penyambut pada acara bertajuk Pameran Tenun Ikat Ende, Warisan Budaya Indonesia untuk Dunia.

Acara yang dibuka langsung oleh Bupati Ende, Marselinus Y.W. Petu dan Wakil Bupati Ende, Drs Djafar H. Achmad MM dihadiri ratusan Warga Jabodetabek asal Ende – Flores. turut hadir juga beberapa Pejabat serta Anggota DPRD Ende, dan Anggota DPR RI asal Ende, Syahrulan Pua Sawa dan Honing Sanny.

Dalam sambutan Pembukanya, Bupati Marsel Petu menyampaikan ucapan terima kasih banyak kepada Pihak Museum Tekstil yang telah berkenan memberikan kesempatan kepada Pemerintah kabupaten Ende untuk mempromosikan Tenun Ikat Ende kepada Dunia. Tak lupa pula ucapan Terima Kasih disampaikan Kepada dua Organisasi masyarakat Ende yang ada di Jabodetabek yakni, Dukke dan Wua Mesu yang turut membantu terselenggaranya acara tersebut.

Dalam lanjutan sambutannya Bupati Marsel Petu Menyampaikan, “Kami Menyambut baik penyelenggaraan Pameran tenun ikat Ende di Museum Tekstil jakarta sebagaia upaya ‘jemput bola’ agar tenunan Ende dikenal lebih luas lagi, dan lebih banyak pihak mendukung pengembangannya, sehingga potensi tenun ikat Ende mampu berperan dalam visi Pemerintah kabupaten Ende, yaitu, Mewujudkan karakteristik kabupaten Ende dengan membangun dari Desa dan Kelurahan menuju masyarakat yang mandiri, sejahtera dan berkeadilan”

Selain Pameran Tenun Ikat, pada pembukaan acara tersebut juga disajikan Peragaan Busana. Selain pakaian adat, juga ada beberapa rancangan desain modern yang terbuat dari kain tenun ikat Ende, termasuk workshop singkat tentang cara bertenun. Tak lupa pula menu makanan yang disediakan seperti Wa’ai Punga (Ubi Cincang yang dikukus), ika nasu ae wandu (ikan kuah asam), dan aneka ragam kuliner khas Ende yangcukup mengobati rasa rindu warga Jabodetabek asal Ende.

Pameran Tenun Ikat Ende ini diselenggarakan sejak tanggal 22 hingga 24 November 2014. Luangkan waktu akhir Pekan Anda untuk dapat menyaksikan Pameran ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar