WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Selasa, 04 November 2014

PLTU Ropa Akan Masuk Ke Pembangkit Listrik Mautapaga Ende


Mulai 31 Oktober malam atau 1 November 2014, Pembangkit Listrik Tenaga Uap/PLTU Ropa akan masuk ke pembangkit listrik Ende di Mautapaga dan masuk sistem jaringan listrik PLN Ende. Dengan masuknya listrik dari Ropa, maka kekurangan daya yang dialami PLN selama ini akan bisa diatasi. Dengan tersedianya daya yang cukup, maka pemadaman bergilir yang dilakukan PLN akibat defisit daya dalam 2 bulan terakhir akan segera teratasi.

Perihal masuknya listrik dari PLTU Ropa ke pembangkit listrik Mautapaga dan sistem jaringan PLN Ende disampaikan Manajer PLN Area Flores Bagian Barat, Edy Muktazim Bila melalui telepon, Jumat (31/10). Muktazim Bila yang dihubungi terkait keluhan masyarakat Kabupaten Ende terhadap pemadaman listrik yang terjadi hampir setiap hari, mengakui terjadinya pemadaman di Ende disebabkan oleh berbagai faktor, baik alam maupun akibat kerusakan mesin pembangkit milik PLN di PLTD Mautapaga.

“Mulai tanggal 31 malam atau 1 November 2014, listrik Ropa sudah masuk ke pembangkit Mautapaga dan jaringan PLN. Kekurangan daya yang kita alami akibat pemeliharaan sejumlah mesin, dan juga adanya kerusakan mesin akan segera diatasi. Pemadaman yang kita lakukan beberapa hari ini, karena adanya pemeliharaan satu unit mesin, dan juga pasokan listrik dari PLTMH Ndungga belum maksimal. Bendungan PLTMH Ndungga kita sudah bersihkan bersama warga, dan juga tenaga kerja dari Lapas Ende. Sekarang kendalanya pada debit air yang sedang menurun akibat musim kemarau. Tapi dengan masuknya listrik dari Ropa mulai 1 November, kita harapkan tidak ada lagi pemadaman bergilir,”katanya.

Seperti diberitakan Sabtu 1 November 2014, DPRD Ende mendapat banyak keluhan dari masyarakat tentang pelayanan PLN. Hampir semua kecamatan yang dikunjungi anggota dewan selama masa Turba mengeluhkan tentang pemadaman listrik yang selalu terjadi hampir setiap hari, Anggota DPRD Ende dari PKB Abdul Kadir Hasan, Ambros Reda dari Partai Golkar, Maksimus Deki dari Gerindra, Alexander Sidi dari PDI Perjuangan dan sejumlah anggota dewan lainnya mengakui adanya keluhan masyarakat tentang pemadaman listrik yang terus terjadi di tengah kenaikan tarif dasar listrik.

DPRD Ende akan memanggil PLN untuk mendengarkan keterangan terkait keluhan pemadaman yang terjadi beruntun ini. Dewan mengaku mesti mendapatkan penjelasan yang baik dari PLN agar tidak salah menyampaikan kepada masyarakat. Dewan tidak bisa serta merta menyalahkan PLN tanpa mendengarkan terlebih dahulu alasan serta kendala yang dihadapinya terkait penyaluran listrik yang aman kepada masyarakat pelanggan.

“Selain menyampaikan keluhan warga terkait pemadaman yang terus terjadi, kami juga akan mendengarkan penjelasan PLN secara rinci tentang pemenuhan kebutuhan listrik bagi warga di Kecamatan Ndona Timur dan Kecamatan Detukeli. Hal ini penting mengingat listrik saat ini telah menjadi kebutuhan masyarakat,”katanya. (Anton Harus/Editor : Alexander Ola Pukan)

Sumber Flores Pos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar