WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Senin, 24 Maret 2014

Fenomena Alam Yang Menakjubkan!! Danau Kelimutu Kembali Berubah Warna Lagi


http://www.flobamora.net/foto_berita/small_5kelimutu%20berubah-1.jpg 
Untuk kesekian kalinya Danau Tiga Warna Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami perubahan warna. Dalama tahun 2014 ini sudah terjadi lima kali perubahan.

"Perubahan warna Danau Kelimutu yang terjadi paling akhir yakni minggu lalu," kata Kepala Seksi KSPTN Wilyah I Moni, Hendrikus Rani Moni, Senin (24/3).

Ditemui di Kantor TNK Kelimutu Ende Moni membenarkan telah terjadi pergantian warna danau tiga warna Kelimutu.Sekitar seminggu yang lalu, tiga warna mengalami perubahan. Danau Ata polo atau danau tempat bersemayamnya roh-roh jahat berubah menjadi merah kehitaman seperti warna teh pekat.

Dia mengatakan, perubahan itu menurut BMG terjadi akibat perubahan molekul atau gas seperti verum, Natrium oksida dan lain-lain sehingga berwarna, mana yang dominan itulah yang mencolok  dari  warna danau tersebut.

"Meski demikian belum bisa dipastikan karena penelitihan masih terus berlanjut untuk mengetahui dan memastikan perubahan warna danau," ujarnya.

Dia mengemukakan, perubahan warna yang terjadi di Danau Kelimutu bisa terjadi dalam hitungan hari. Kadang pada pagi hari warnanya hijau atau apapun warnanya pada sore hari akan bisa berubah.Juga hal ini bisa terjadi pada hitungan mingguan ataupun bulanan.

Dia menyebutkan, untuk tahun 2014 ini terhitung mulai dari bulan Januari kurang lebih perubahan warna danau tersebut sudah terjadi sekitar lima kali atau lebih. Dan perubahan tersebut cukup signifikan.

Dia menjelaskan, kadang perubahan danau  semisal dari hijau ke hijau terang dan kemudian berubah lagi ke hijau telur asin. Atau dari merah ke merah kehitaman dan kembali lagi ke warna dasar yang pertama atau ke putih.

"Pada tahun 2013 hingga maret 2014 kurang lebih sudah sepuluh kali terjadi perubahan warna di Danau Kelimutu ini.Yang sekarang terjadi perubahan warna yakni Danau Ata Polo dari warna sebelumya Hijau menjadi warna Merah kehitaman," paparnya.

Dia menambahkan, Danau Koofai Nuwa Muri atau muda-mdi masih stabil yakni berwarna hijau terang.Sementara danau yang terakhir yakni Danau Ata Bupu atau danau nenek moyang berwarna Hijau tua.

Sementara itu menurut kepercayaan masyarakat setempat berubahnya warna Danau Kelimutu akan menandakan terjadi sesuatu di wilayah ini atau di negara kesatuan RI. Baik itu soal kematian seorang pembesar negara, maupun kejadian besar yang menimpa negara ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar