WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Sabtu, 29 Maret 2014

PJU DI ENDE GUNAKAN DAYA LISTRIK 114.850 VA

Penerangan Jalan Umum/PJU diwilayah Kabupaten Ende saat ini menggunakan daya listrik PLN Wilayah Flores Bagian Barat sebanyak 114.850 VA. Pemakaian daya ini diperuntukan bagi 164 buah lampu mercury, 446 buah SL dan 150 buah TL. Penempatan lampu jalan ini lebih banyak dalam Kota Ende yang mencapai angka 95 persen, sedangkan 5 persen sisanya tersebar di kecamatan terjangkau.

Petugas teknis pemeliharaan PJU/staf pada bagian Umum Setdakab Ende, Mustafa menjelaskan hal ini Kamis sore (27/03) saat memasang dan menseting lampu jalan di lorong Aline, kelurahan Mautapaga,Kec .Ende Timur-Kab.Ende-NTT.

Dia mengatakan bahwa daya sebesar itu belum digunakan secara maksimal karena masih terdapat ruas jalan dalam kota yang terpasang Penerangan Jalan Umum/PJU akibat terbatasnya persediaan lampu serta perangkat pendukungnya. “ Saat ini masih ada 20 titik dalam kota Ende yang belum tercover” Ujar Mustafa. Diharapkan, lanjutnya lagi, dalam tahun anggaran berjalan ini (2014) titik-titik yang dianggap rawan sudah bisa diselesaikan pekerjaannya.

Kondisi aktifitas petugas PJU ini selalu dikontrol langsung oleh Kepala Bagian Umum Sebastianus Bele. Sebagaimana disaksikan petang kemarin dia mengawasi langsung di lapangan.” Setiap ank-anak bekerja, betapapun sibuknya saya, pasti akan saya datang sendiri untuk melihat langsung pekerjaan mereka. Karena banyak orang sering mengabaikan dengan berkata peklerjaan mudah, padalah apa yang anak-anak kerjakan bersinggung langsung dengan keselamatan dan sering nyawa jadi taruhannya” Tutur Sebast.

Ketika ditanya tentang belum meratanya pelayanan PJU di wilayah Kab Ende, Sebast menjelaskan bahwa penyebabnya karena keterbatasan dana. Jika saja dihitung berdasarkan jumlah pajak penerangan jalan yang disetor maka kondisnya akan terjadi ketidakmerataan pelayanan. Sebab, demikian Sebast, jika dalam suatu ruas jalan di Kecamatan atau Desa yang menjadi pelanggan PLN tidak lebih dari 25 rumah misalnya maka bila dihitung secara kumulatif jumlah pajak terbayar dengan beban pengeluaran 1 lampu mercury, jelas uang pajak penerangan yang terkumpul itu belum mencukupi untuk membiayai harga 1 buah lampu mercury beserta kelengkapannya. Namun, Sebast tetap optimis bahwa dengan pentahapan yang teratur serta didukung dana yang memadai maka semua harapan masyarakat terhadap keberadaan PJU di desa atau kecamatannya bisa terjawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar