WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Tuesday, March 25, 2014

Sejarah Singkat Pengadilan Negeri Ende

Sebelum menempati gedung perkantoran baru di Jalan El Tari, Ende, sebelumnya Pengadilan Negeri Ende berlokasi di Jalan Nuamuri, Ende. Pengadilan Negeri Ende merupakan Pengadilan Negeri pertama di Pulau Flores.

Pada tahun 1955, Serikat Kerja Kehakiman ( SKK ) pada Pengadilan Negeri Ende sabagai satu – satunya Pengadilan Negeri di pulau Flores, mendesak kepada Kepala – kepala Daerah Swapraja di seluruh Flores agar dapat didirikan Pengadilan Negeri di tiap – tiap daerah ( Daswati II ) dan tembusannya disampaikan kepada Mahkamah Agung, Menteri Kehakiman, Pengadilan Tinggi Makasar dan Pengadilan Negeri Ende ; Permohonan tersebut dapat disetujui dengan baik oleh Pengadilan Tinggi maupun oleh Menteri Kehakiman, namun masih harus memenuhi persyaratan seperti tersedianya perumahan sebagai Kantor.

Pada tahun 1964 atas perjuangan Sdr. IKU FERNANDES yang pada saat itu menjabat sebagai Panietra Pengadilan Negeri Ende, mendatangi dan menghubungi beberapa Pejabat Daerah Swatantra Tingkat II Sikka dan meminta rekomendasi agar dapat disediakan sebuah rumah untuk dijadikan sebagai Kantor Pengadilan Negeri Maumere. Dengan adanya rekomendasi dari pemerintah daerah tersebut, Ketua Pengadilan Negeri Ende yang pada waktu itu dijabat oleh Sdr. MUHAMAD SALEH AMBUWARU, SH, mengusulkan kepada Mahkamah Agung dan Menteri Kehakiman permohonan tersebut disambut baik, dan setelah disetujui pembentukan Pengadilan Negeri Ende di Maumere yaitu rumah milik Sdr. B. BAJO, dan karyawan yang dipekerjakan sebagai tenaga magang adalaha Sdr. PAULUS PELANG sebagai Panitera Pengganti dan 6 ( enam ) bulan kemudian kantor tersebut dipindahkan ke rumah dinas PEMDA ( sebelah Utara Lapangan Kota Baru Maumere ).

No comments:

Post a Comment