WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Sabtu, 29 Maret 2014

RUAS JALAN NASIONAL DARI KM 14 HINGGA KM 16 ARAH KOTA ENDE AKAN DIPERLEBAR

Ruas jalan nasional mulai dari KM 14 hingga KM 16 arah Kota Ende akan diperlebar dari lebar semula 4 meter menjadi 6 meter. Proses pekerjaan akan dimulai dalam akhir Bulan Maret 2014 dengan rekanan PT Agogo Golden Group sebagai rekanan yang akan mengerjakan proyek pelebaran jalan tersebut. PPK 13 Batas Kota Ende-Wolowaru, Saut Siahaan mengatakan hal itu di hadapan warga Desa Tomberabu 2, Kecamatan Ende, Kabupaten Ende, Rabu (26/3/2014).

Saut mengatakan bahwa ruas jalan nasional dengan ruas Ende-Detusoko sebelumnya sudah pernah dikerjakan di tahun 2013 lalu di KM 17 dan rencananya hal serupa akan dilakukan di KM 14 dan KM 16.

Dikatakan untuk pekerjaan jalan berupa pelebaran yang bersumber dari dana APBN tidak dialokasikan dana untuk ganti rugi baik lahan maupun tanaman sebagai konsekwensi dari penggusuran jalan. “Dana yang dialokasikan hanya semata-mata untuk pekerjaan fisik dari proyek pelebaran jalan. Tidak ada alokasi dana untuk ganti rugi,”kata Saut.

Menjawab soal uang sirih pinang, Saut mengatakan hal itu tergantung dari rekanan yang dipercaya untuk mengerjakan jalan dan itupun tergantung dari hasil kesepakatan dari rekanan bersama masyarakat. “Kalau ada rekanan yang meyanggupi untuk membayar uang sirih pinang itu kembali kepada rekanan. Itu sudah menjadi kebijakan interen dari rekanan namun bukan suatu kewajiban,”kata Saut.

Oleh karena itu untuk kelancaran pekerjaan, Saut meminta kepada rekanan agar membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat yang lokasinya terkena penggusuran sehingga tidak terjadi masalah pada proses pekerjaan. Komunikasi yang dimaksudkan ujar Saut seperti soal pembayaran uang sirih pinang misalnya. “Kalau ada ya dijalankan sesuai kesepakatan. Kalau memang tidak ada ya dibicarakan secara terbuka agar semua bisa memahami persoalan yang terjadi sehingga dengan demikian tidak terjadi kendala pada proses pekerjaan,”kata Saut.

Begitupun kepada masyarakat diharapkan untuk menyampaikan secara terbuka soal kendala yang mereka alami sebagai akibat dari pekerjaan jalan. Dengan demikian semua pihak merasa nyaman untuk bekerja.

Saut juga meminta kepada rekanan agar dalam pekerjaan nanti harus memperhatikan keselamatan bukan saja keselamatan pekerja namun juga keselamatan para pengguna jalan apalagi ruas jalan yang nantinya dikerjakan adalah ruas jalan nasional yang pastinya ramai dilalui kendaraan maupun manusia. Dikatakan, untuk pelebaran jalan di KM 14 hingga 16 pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 15,5 Miliar dari pagu dana sebesar Rp 18 Miliar yang bersumber dari APBN. Pekerjaan tersebut dipercayakan kepada rekanan PT Agogo Golden Group.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar