WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Tuesday, February 4, 2014

8 Situs Bung Karno di Ende Menunggu Untuk Diresmikan

Baru-baru ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Wakil Presiden Indonesia, Boediono Meresmikan dua Situs Peninggalan Bung Karno di Ende, Nusa Tenggara Timur pada saat masa pengasingan beliau tahun 1934-1938. Dua Situs pengasingan Bung Karno tersebut adalah Taman Rendo dan Rumah Pengasingan Bung Karno, sedangkan sisanya meliputi Gedung Pertunjukan Immaculata atau Percetakan Nusa Indah, Rumah Pastoran, Katedral, Eks-Toko De Leew, Makam Ibu Amsi, Pelabuhan, Pos Militer, Masjid Ar-Rabithah. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti mengatakan ke-delapan situs masa pengasingan Bung Karno di Ende akan segera di resmikan. Beliau menambahkan bahwa ke-sepuluh situs pengasingan tersebut merpakan satu kesatuan cerita semasa Bung Karno berada di pengasingan, karena itu ke-sepuluh situs tersebut penting untuk dilestarikan agar anak bangsa dapat memahami pengorbanan dan perjuangan Bung Karno untuk dapat diaplikasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kota Ende merupakan kota dimana dasar negara Indonesia, Pancasila, dilahirkan. Berdasar sejarah Bung Karno selama masa pengasingan di Ende sering duduk di bawah pohon Sukun yang berada di taman Rendo, saat ini di taman ini berdiri sebuah patung Bung Karno yang sedang duduk merenung menatap ke laut.

Secara optimis Wiendu Nuryanti Mengatakan dengan lestarinya Kawasan Bersejarah di Kota Ende, disamping generasi muda tidak akan lupa perjuangan para pahlawan juga eksisnya Kawasan Bersejarah Bung Karno di Ende akan meningkatkan kunjungan wisatawan yang berkunjung Ende. Secara tidak langsung akan membangkitkan perekonomian masyarakat setempat.

No comments:

Post a Comment