WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Sunday, February 23, 2014

SITUS BUNG KARNO DI ENDE AKAN JADI CAGAR BUDAYA

Penyelesaian proses untuk meningkatkan situs Bung Karno di Ende menjadi Cagar Budaya menjadi upaya bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab )Ende, Yayasan Ende Flores dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Dengan demikian Kota Ende akan menjadi tempat yang penuh inspirasi bagi bangsa Indonesia dalam mencari berbagai solusi alternative untuk memecahkan persoalan yang ada.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof.Ir.Wiendu Nuryanti,M.Arch.Ph.D mengedepankan pikirannya tersebut dihadapan Prof.Dr.Boediono selaku Pembina Yayasan Ende Flores di istana Wapres, senin 17/02, dalam acara serah terima 2 situs Bung Karno di Ende yang telah selesai direnovasi dari Yayasan Ende Flores kepada Pemkab Ende yang diterima Bupati Ende Don Bosco M.Wangge.

Ia lebih lanjut mengatakan, selain 2 titik situs yang sudah selesai direnovasi oleh Yayasan Ende Flores itu masih ada 8 titik lainnya yang harus dikerjakan. “ Kesepuluh titik situs yang ada itu tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya karena semuanya saling berkaitan hingga Bung Karno mendapatkan inspirasi besar dalam meletakan dasar ideology bangsa Indonesia” Ujar Wamendikbnud Wiendu.

Dalam waktu dekat ini, demikian Wamendikbud Wiendu, pihak Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI akan segera memproses situs yang telah memenuhi syarat untuk dijadikan cagar budaya, termasuk didalamnya kedua situs Bung Karno yang baru diserahterimakan.

Dari dokumen tertulis yang ada menyebutkan bahwa sambil menanti penyelesaian proses pengurusan dan penetapan situs rumah pengasingan Bung Karno di Ende dan situs Taman Rendo Ende menjadi Cagar Budaya dengan keputusan Mendikbud RI, pihak Pemkab Ende, Yayasan Ende Flores dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diwakili Harry Widianto selaku Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Dirjen Kebudayaan Kementrian Dikbud telah menandatangani kesepakatan bersama terkait dengan hal pemeliharaan kedua situs tersebut. Pada klausul pelaksanaan disebutkan bahwa pihak kementrian Dikbud RI melakukan pemeliharaan situs rumah pengasingan Bung Karno di Ende sampai terbentuknya Badan Pengelola Kawasan Cagar Budaya Ende. Sementara Pemkab Ende dan Yayasan Ende Flores melakukan pemeliharaan situs Taman Rendo Ende sampai terbentuknya Badan Pengelola Kawasan Cagar Budaya Ende. Selain itu pihak Kementrian Dikbud juga membantu melakukakn kajian dalam rangka penetapan Cagar Budaya terhadap situs rumah pengasingan Bung Karno di Ende dan situs Taman Rendo Ende, sebelum terbentuknya tim ahli Kabupaten Ende

1 comment: