WELCOME TO ENDE FLORES KOTA RAHIMNYA PACASILAKOTA RAHIMNYA PACASILA

Tuesday, February 4, 2014

KRISIS LISTRIK ENDE DAN SIKKA TERATASI

Dua pembangkit listrik di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), beroperasi pekan ini.

Kedua pembangkit tersebut yakni Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Ropa yang berkapasitas 2 x 7 megawatt (Mw) dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) Ndungga berkapasitas 2 x 1.000 kilowatt (Kw).

Direktur Operasi Indonesia Timur (Diropit) PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Vickner Sinaga mengatakan PLTU Ropa dijadwalkan beroperasi mulai Rabu (23/10), sedangkan PLTM Ndungga beroperasi Selasa (22/10).

"Dua pembangkit listrik itu memasok listrik untuk kebutuhan warga di Kabupaten Ende dan Sikka," katanya, Selasa (22/10).

Beroperasinya PLTU Ropa akan mengatasi krisis listrik yang selama ini terjadi idi dua kabupaten tersebut. Menurutnya seluruh tahapan pembangunan PLTU Ropa dan PLTM Ndungga sudah selesai. Tahap terakhir menyisakan PLTM Sinkron dengan sistem jaringan Ende.

Menurutnya, pekerjaan terakhir juga sudah rampung sehingga PLTM sudah bisa dioperasikan. "Berikutnya PLTU Ropa beroperasi besok," katanya.

Saat ini pada siang hari beban Sistem Flores Bagian Barat termasuk Ende dan Sikka mencapai 14.538 Kw dan beban malam 28.633 Kw. Sedangkan daya yang dimiliki sistem Flores bagian barat saat ini sebesar 41.437 Kw.

No comments:

Post a Comment